Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Sabtu, 30 November 2024

[Android] Membuat Apk Grafik di MIT App Inventor

 


Tidak terasa sudah 10 tahun lebih saya tidak mengutak-atik lagi aplikasi di HP android, terakhir kali saya membikin aplikasi berbasis adobe flash (disini) berupa animasi gerak wayang. Namun sesuai nasib saya yang terasa sangat sedih ketika codingan berbasis flash mulai diblokir dimana-mana, dan ketika saya ingin beralih ke IDE programming android lainnya saya merasa kewalahan mungkin karena otak yang payah atau karena PC saya yg selalu lemot me-run aplikasi emulator. 

Bahkan ketika saya mendapatkan proyek-proyek kontrol dan IOT yang memerlukan koneksi ke smartphone, biasanya saya banyak menggunakan IOT MQTT PANEL (baca disini) sebagai aplikasi siap pakai maupun software web2apk apabila platformnya berbasis web seperti node-red (baca disini). 

Namun suatu hari saya terpaksa menggunakan kembali aplikasi web pembuat aplikasi android MIT APP INVENTOR yang sebenarnya akun saya sudah tersedia sebelum jaman pandemi. Karena memang proyeknya mengharuskan menggunakan native android (web based menggunakan web2apk nya tidak memiliki fasilitas yg diperlukan), mau tidak mau saya harus membuat apk nya dengan belajar sendiri. 

Kali ini saya akan berbagi proses belajar saya dalam memahami berbagai contoh di internet untuk membuat sebuah aplikasi yang menampilkan grafik suhu dan kelembaban. Saya tidak akan membahas dari awal namun pada proses-proses pentingnya saja dan sampai pada ending emulator yang saya gunakan bernama MUMU player dapat menjalankan grafiknya dengan lancar.


- Bagian Designer


Komponen yang saya gunakan cukup sederhana, dimana screen nya saya center vertikal horizontal, kemudian saya tambahkan beberapa label teks untuk menampilkan tulisan. Yang terpenting adalah komponen chart yang didalamnya berisi grafik chartdata2D (line) yang akan menampilkan suhu. Sedangkan untuk kelembaban saya gunakan progress bar (indeterminate di hilangkan) sehingga dapat menunjukkan tingkat kelembaban. Pada bagian bawah saya isikan informasi waktu yang sebenarnya ingin saya gunakan untuk label axis x pada grafik, namun karena keterbatasan fasilitas maka tidak dapat menampilkan waktu pada sumbu x. Jangan lupa jika berhubungan dengan pewaktu maka butuh ditambahkan yang namanya komponen clock dan diseting sesuai interval yang di inginkan.


- Bagian Block

Untuk menjelaskan proses penyusunan blok sehingga menjadi urutan coding program, harap yang ingin mencoba diwajibkan sebelumnya sudah mengerti konsep coding. Jika tidak maka akan terbentur pada konsep variabel, loop, if else, input-output, dan banyak lagi. Jadi kali ini saya akan usahakan unutk menjelaskan satu persatu.

1. Variabel


Pada gambar diatas terlihat variabel yang saya gunakan seperti X untuk menyimpan nilai axis X kemudian yang lainnya sudah jelas fungsinya sebagai apa. Paling bawah terdapat 2 variabel yang berupa list/array, ini mirip seperti list dalam python dan akan berguna untuk memasukkan nilai grafik. isi dari list disini layaknya python akan berformat JSON. Jadi jangan sampai bingung ya..


2. LOOP



Block ini sangat penting sekali dalam menjalankan keseluruhan proses, dan pada aplikasi yang saya buat ini menggunakan trigger clock1 sebagai timer untuk melakukan proses berulang (when..do) sampai akhir saat aplikasi di tutup. Didalam loop utama ini bisa ditambahkan berbagai block yang sesuai dengan keinginan jalannya program.

3. SET

Lanjutan pada gambar diatas ada beberapa proses yang dinamakan "SET" yang artinya merubah isi dari variabel maupun properties lainnya seperti text dari sebual label/tulisan, warna dan macam-macam. Seperti contoh : Set variabel global waktu yang diubah menjadi call clock1.System Time yang artinya dimasukkan timestamp saat triger interval 1 detik terjadi.


4. MATH


Operasi matematikanya sangat jelas seperti contoh diatas dimana variabel x di increment 1 sedangkan suhu dan humi diberikan nilai random. Block lainnya yang berhubungan dengan operasi matematika dapat dipelajari di bagian kiri dari layar block dan memerlukan pembiasaan untuk dapat menggunakannya secara tepat.

5. TEXT


Block text disini sangat mirip dengan operasi teks pada python, sehingga bagi yang sudah mahir coding python akan sangat terbantu, tinggal menyesuaikan jenis block apa yang akan digunakan. Seperti pada gambar diatas Block set dari text pada label akan diisikan berupa penggabungan teks dari suhu, kelembaban dan waktu. Jangan takut integer/float dan text kan bertabrakan karena otomatis jika yg dimasukkan integer/float akan dirubah menjadi text.


6. LIST



Pada gambar diatas akan dilakukan proses penambahan JSON dari list bernama point1 yang akan berisikan pasangan X (increment) dan Y berupa nilai suhu random yang sudah diproses diatasnya.


7. IF THEN ..

Pada gambar diatas terdapat conditional statement yang akan menghitung length/panjang dari list bernama point1 dimana jika (IF) panjangnya melebihi 10 data  maka (THEN) isi list pada index no 1 akan dihapus. Ini bertujuan untuk menjaga grafik tidak menumpuk terus menerus.


8. GRAFIK


Gambar diatas sangatlah jelas menunjukkan bagaimana grafik2D bernama suhu akan di call.clear / dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan data yang berupa list point1. Karena jumlah sebelumnya dari panjang list dibatasi 10 maka grafiknya akan cukup bagus terlihat.


9. LINEAR PROGRES



Untuk linear progres sebagai tampilan dari kelembaban, jangan lupa untuk terlebih dahulu hilangkan centang (pada designer) item indeterminate agar yang tampil adalah sesuai angka kelembaban. Saya juga menambahkan if then else untuk merubah properties warna sesuai dengan variabel random dari nilai humi.


10. AI COMPANION




Dan hasil compile apk nya kemudian saya tampilkan pada MUMU player menggunakan aplikasi AI Companion, sehingga saya tidak perlu repot menginstall ulang aplikasi di emulator jika terjadi kesalahan coding. Hasilnya seperti animasi dibawah berikut :


 




Pada tulisan selanjutnya akan saya coba menghubungkan aplikasi yang saya buat menggunakan MIT APP Inventor dengan ESP32 berbasis protokol MQTT (disini).


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (14) antares (11) arduino (27) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (26) euro2020 (13) gcc (1) gsm (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (75) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (11) lorawan (2) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (2) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (8) radio (28) raspberry pi (9) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) telkomiot (5) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (94) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3) yolo (7)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika